Asam Urat

Anda akan meninggalkan:

asamurat.org

dan pergi ke:

bisnisherbalonline.webs.com/apps/blog/entries/show/26008981-pola-makan-sehat-hindarkan-serangan-asam-urat

Lanjutkan?

 
Rumah Dijual
Gangguan gout arthritis atau lebih dikenal dengan nama Asam Urat merupakan salah satu gangguan persendian yang makin banyak diderita oleh masyarakat modern saat ini karena pola makan yang tidak sehat dan terkadang berlebihan.

Gangguan gout artheitis atau asam urat kadang menurunkan produktifitas penderitanya. Bagi yang telah berusia lanjut, gangguan asam urat dapat sangat menyiksa manakala tidak dapat menggerakkan anggota tubuh.

Secara historis penyakit ini dianggap menyerang orang-orang berada, karena pada jaman dahulu asam urat banyak menimpa orang-orang yang suka minum minuman beralkohol dan suka makanan yang enak-enak seperti kaldu daging, otak, hati dan jeroan lainnya.

Asam urat sebenarnya merupakan zat buangan metabolisme bernama purin dalam tubuh yang kemudian dibuang melalui urine atau feses (kotoran). Kadar asam urat yang tinggi dalam darah akan menyebar ke dalam rongga-rongga sendi sehingga mengakibatkan peradangan akut.

Serangan pertama gout pada umumnya berupa serangan yang terjadi pada sendi ibu jari kaki. Namun dapat juga menyerang sendi lain, seperti pada tumit, lutut dan siku. Serangan gout umumnya terjadi secara mendadak dan kebanyakan menyerang pada malam hari menjelang subuh.

Biasanya, serangan akut gout berkaitan dengan konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi. Apabila penyakitnya telah kronis dapat timbul tofus yaitu benjolan-benjolan yang berisi cairan putih yang mengandung kristal asam urat.

Beberapa makanan dengan kandungan purin tinggi yang dapat meningkatkan kadar asam urat darah diantaranya jeroan, seperti hati, usus, limpa, babat, paru, jantung, dan otak. Ekstrak daging atau kaldu, daging bebek, angsa dan burung juga udang, kerang, kepiting, serta cumi-cumi.

Selain itu juga makanan yang diawetkan seperti ikan sarden, daging kornet. melinjo dan olahannya seperti emping, kacang-kacangan yang dikeringkan beserta olahannya, seperti kacang tanah, kedelai, kacang hijau, kacang merah, taoge, tempe, tahu , oncom, tauco, dan susu kedelai.

Sayuran dan buah tertentu, seperti bayam, kangkung, daun singkong, asparagus, buncis, kembang kol, daun jambu mete. Buah yang mengandung purin tinggi seperti nanas, durian, alpukat dan air kelapa, karena dalam usus semua makanan ini dapat mengalami fermentasi menjadi alcohol.

Selain menghindari makanan yang mengandung purin tinggi, penderita juga harus menghindari makanan yang berlemak karena lemak cenderung menghambat pengeluaran asam urat. Kadar purin dalam makanan normal selama sehari bisa mencapai 600-1000 mg, sedangkan diet rendah purin dibatasi hanya mengandung 120-150 mg purin.

Penderita penyakit asam urat disarankan banyak minum air putih disamping meminum jus buah karena air membantu mengeluarkan asam urat melalui urine.

Sumber protein hewani kecuali yang mengandung purin tinggi. Ikan air tawar seperti gurame, mujair dan ikan mas semua boleh dikonsumsi, ikan laut kecuali udang, kerang, cumi yang kandungan purinnya tinggi, daging atau ayam dan telur boleh dikonsumsi tapi dibatasi hanya 50 gr perhari.

Protein nabati seperti tempe dan tahu mengandung purin cukup tinggi, sebaiknya pengkonsumsiannya dibatasi sekitar 25-50 gr saja perhari.

Disamping sayuran yang mengandung kadar purin tinggi, ternyata ada juga sayuran dengan kadar purin rendah bahkan dapat membantu menurunkan kadar purin dalam darah seperti pare, seledri, dan takokak merupakan sayuran yang sangat baik untuk artritis termasuk gout arthritis atau asam urat.

Untuk buah-buahan, hampir semua buah-buahan baik dikonsumsi oleh penderita asam urat terutama yang mengandung air tinggi seperti semangka karena mempunyai efek diuretik yang dapat membantu mengeluarkan asam urat melalui urine.

Menurut Dr Hembing, selain memperhatikan pola makan agar terhindar dari serangan akut gout, juga dapat digunakan herbal yang berkhasiat menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Berikut herbal yang dapat digunakan untuk menurunkan asam urat yaitu Sambiloto (Andrographis paniculata), Kumis Kucing (Orthosiphon aristatus), Akar Alang-Alang (Imperata cyllindrica), Ceplukan (Physalis angulata), Daun sendok (Plantago major), Jahe merah (Zingiber officinale), Pegagan (Centella asiatica), Krokot (Portulaca oleracea), Kunyit (Curcuma longa), Temulawak (Curcuma xanthorrhiza), Mengkudu (Morinda citrifolia), Meniran (Phyllanthus urinaria), Rambut Jagung (Zea mays L.), daun Salam (Syzygium polyanthum), Sarang semut.

Berikut contoh resep herbal untuk menurunkan asam urat tinggi yang disarankan oleh pakar herbal, Dr Hembing, yaitu :

Resep satu. Ambil 25 gram jahe merah + 10 gram sambiloto + 60 gram akar alang-alang + 30 gram temu lawak. Bahan-bahan dicuci bersih, dipotong-potong, direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas, disaring, diminum 2 kali sehari, setiap kali minum 200 cc.

Resep dua. Ambil 2 buah mengkudu + 30 gram krokot + 15 gram pegagan + 15 lembar daun salam. Bahan-bahan dicuci bersih, dipotong-potong, direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas, disaring, diminum 2 kali sehari, setiap kali minum 200 cc.

Resep tiga. Ambil 30 gram daun kumis kucing + 15 gram meniran + 15 gram ceplukan + 25 gram kunyit. Bahan-bahan dicuci bersih, dipotong-potong, direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas, disaring, diminum 2 kali sehari, setiap kali minum 200 cc.

Jadi untuk tetap sehat adalah menghindari makanan berkadar purin tinggi, mengubah pola hidup sehat dengan keseimbangan serat, air dan tidak makan secara berlebihan, disamping olahraga ringan secara teratur. - NEW BISNIS HERBAL ONLINE